Dekranasda Ingin Hidupkan Sentra Kerajinan Perak Di Kota Makassar

By Admin

nusakini.com--Dalam rangka mengangkat kembali semua potensi potensi kerajinan dan keterampilan yang ada di Kota Makassar, mengingat Kota Makassar memiliki banyak potensi potensi yang bisa dikembangkan, salah satunya Kerajinan Perak. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Dekranasda Makassar,  Indira Yusuf Ismail dalam sambutan dan arahan pada saat melakukan kunjungan di kelurahan Malimongan, Kecamatan Wajo, Jumat (3/3).

Kunjungan rombongan Dekranasda bersama Dinas Perdagangan Makassar ini dalam rangka pengembangan untuk menghidupkan kembali industri kerajinan perak di Kota Makassar yang selama ini sudah meredup.

"Mari kita bersatu padu untuk bersama sama mengangkat kerajinan perak ini dengan kita belajar bagaimana menciptakan desain produk sesuai dengan selera pasar yang disenangi banyak orang," kata Indira

Sebagai tindaklanjut nantinya dari kunjungan ini, Kadis Perdagangan Makassar, Andi Muh. Yasir  akan memberikan pembinaan kepada pengrajin, agar kerajinan perak di malimongan yang sudah turun temurun ini tidak akan punah.

"Kita akan buat pembinaan untuk pengkaderan sehingga ilmu yg dimiliki pengrajin kita tidak terputus dan pengrajin kita yang masih bertahan saat ini mampu mentransfer ilmunya, sehingga Mata rantai regenerasi yang tidak terputus hingga mencapai generasi emas," ungkapnya.

Selanjutnya dikatakan, nanti kita akan mendatangkan desainer untuk memberikan pembekalan tentang desain perak kepada pengrajin yang sudah mahir dalam membuat kerajinan perak. Sehingga hasil kerajinan perak yang menggunakan tangan (handmade) ini memiliki nilai jual tinggi sesuai dengan selera pasar yang ada. (p/ab)